Ini 8 Hidangan Khas Bengkulu yang Cocok Disajikan dengan Nasi

tempoyak - sumber gambar: detik food

Hidangan apa saja yang kamu sukai saat berkunjung ke suatu daerah? Apa pun hidangan atau makanan itu tentunya tak dapat dilupakan apalagi yang merupakan kuliner tradisional atau khas daerah tersebut. Pengalaman mencicipinya akan menjadi sangat berkesan.


Seperti daerah lain yang ada di Indonesia, Provinsi Bengkulu juga memiliki hidangan atau kuliner khas. Untuk diketahui, Bengkulu dikenal dengan sebutan Bumi Rafflesia dan eksotis tempat wisatanya. Banyak pengunjung yang terpesona pada wisata alam, wisata sejarah, wisata religi hingga wisata kuliner Bengkulu.

Ada banyak sekali jenis makanan yang menggugah selera di bumi tempat Bung Karno diasingkan ini. Nah, jika kamu berkunjung ke daerah Bengkulu sempatkanlah untuk menikmati hidangan-hidangan berikut ini yang cocok sekali dinikmati dengan nasi. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 8 hidangan khas Bengkulu yang cocok disajikan dengan nasi.

1. Bagar Ikan


Bagar Ikan adalah kuliner atau hidangan khas yang umumnya berbahan utama ikan hiu punai atau hiu tanduk. Ikan hiu dipotong dan dibersihkan dengan jeruk nipis agar bau amisnya hilang. Biasanya untuk membuat hidangan Bagar Ikan digunakan bumbu seperti; kelapa sangrai, bawang putih, bawang merah, daun jeruk, daun salam, kunyit, dan lengkuas serta perasan air asam jawa.

Uniknya, Bagar Ikan diolah tanpa santan. Pada saat pengasingan di Bengkulu, Bagar Ikan menjadi salah satu hidangan kesukaan Presiden Pertama Indonesia, Bung Karno.

2. Pendap


Pendap sangat populer di Bengkulu, cocok sekali disajikan dengan nasi putih hangat. Hidangan tradisional ini berbahan dasar ikan yang dicampur dengan bumbu halus lainnya seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, kencur, cabe giling, kelapa parut muda, dan garam. Dapat ditambahkan penyedap jika diperlukan, kemudian dibungkus dengan daun talas beberapa lapis.

Pendap dikukus hingga ikannya benar-benar matang dan bumbunya meresap. Lama waktu yang dibutuhkan sekira 6-8 jam. Setelah itu pendap bisa disajikan dan dinikmati bersama nasi.

3. Tempoyak


Masyarakat Bengkulu sangat mengenal hidangan satu ini. Tak heran jika tempoyak sangat disukai, pasalnya selain populer kuliner khas Bengkulu ini dapat menggoyang lidah dengan cita rasa yang dimilikinya.

Terbuat dari fermentasi durian, tempoyak biasanya dimasak bersama dengan ikan atau udang. Rasanya yang gurih sangat menggugah selera. Tempoyak diolah dengan bumbu halus dan cabai giling (ditumis atau tidak bisa menyesuaikan selera), kemudian tambahkan air secukupnya, garam, gula, dan penyedap bila suka. Kamu juga dapat menggantikan air dengan santan.

Sebelum dimasukkan atau dicampurkan dengan tempoyak, ikan atau udang digoreng terlebih dahulu. Setelah itu masak bersamaan hingga kuah tempoyak mengental. Tambahkan penyedap jika diperlukan. Rasa khas tempoyak sangat nikmat disajikan dengan nasi.

4. Gulai Kemba'ang


Gulai Kemba'ang menjadi salah satu hidangan khas yang populer di Bengkulu. Terbuat dari bahan utama iga sapi dan diolah dengan rempah-rempah pilihan, Gulai Kemba'ang juga dilengkapi dengan daun talas, daun pakis, dan kelapa parut sangrai sehingga kuah santannya gurih dan nikmat.

Hidangan satu ini biasanya mudah ditemukan saat bulan ramadan dan suasana lebaran. Menjelang waktu berbuka puasa, banyak pedagang yang berjualan menyajikan berbagai macam kuliner termasuk Gulai Kemba'ang.

5. Lemea


Lemea atau Lema merupakan kuliner yang terbuat dari fermentasi rebung atau bambu muda yang dicincang. Sebelum diolah, cuci bersih Lemea dan kamu dapat menambahkan ikan untuk campurannya agar lebih nikmat.

Untuk memasak Lemea menjadi gulai yang sedap diperlukan bumbu halus dan cabai giling kemudian tumis, setelah harum masukkan santan disusul Lemea. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Perpaduan rasa asam, pedas dan segar menjadi satu.

6. Rebung Asam Undak Liling


Rebung Asam Undak Liling adalah hidangan khas yang sangat disukai masyarakat Bengkulu. Rebung asam pada menu ini merupakan rebung atau bambu muda yang diiris memanjang dan direndam beberapa hari untuk mendapat tekstur dan keasaman rebung yang pas.

Liling merupakan siput atau keong sawah bercangkang hitam. Sebelum dimasak, liling harus dibersihkan dan bagian belakang dipotong untuk memudahkan isinya keluar dari cangkang saat menyantapnya. Diolah dengan bumbu umum gulai, Rebung Asam Undak Liling sangatlah gurih dan sedap.

7. Gulai Pisang


Pernahkan kamu mencicipi Gulai Pisang? Menu khas yang satu ini barangkali tidak banyak diketahui apalagi oleh anak-anak muda. Namun gulai khas Bengkulu ini memiliki cita rasa yang enak dan gurih.

Tidak hanya diolah sebagai manisan atau gorengan, di Bengkulu pisang juga bisa dibuat menjadi gulai. Dengan bumbu gulai dan santan kental, Gulai Pisang bisa dinikmati bersama nasi.

8. Gulai Remis


Remis agar mirip dengan kerang atau lokan, hanya saja ukurannya lebih mungil. Di Kabupaten Seluma biasa disebut Beremis.

Remis bisa diolah menjadi gulai, direbus atau dibuat sop. Semuanya sangat nikmat dan biasanya dijadikan lauk dan disantap bersama nasi putih hangat.

Nah, itulah delapan hidangan khas Bengkulu yang cocok disajikan bersama nasi. Jika kamu berkunjung ke Bengkulu jangan lupa untuk memanjakan lidah dengan menyantap menu-menu tersebut. Bahkan ada yang dijual dalam kemasan seperti Lemea dan Tempoyak, jadi kamu dapat membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

5 comments

  1. Ngiler euyy.. Udah lama gak makan lemea. Dulu taunya dibawa kawan saat ngekost. Ia berasal dari lebong.

    ReplyDelete
  2. Gulai pisang itu pisangnya masih muda atau setengah Masak Va?
    Trs kemba'ang it kayaknya menarik ya utk diicip2.. syeedaapp.. cuma Mbk kurg suka ama tempoyak. hehehe

    ReplyDelete
  3. Tempoyak jangan sampai lepas mbk hahahah

    ReplyDelete
  4. Bava blog smbil ambil nasi, dan makan siang...

    ReplyDelete
  5. tempoyak is the best sih, hahahaaaaaa
    suka banget sama makanan satu ini

    ReplyDelete

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia