Hoala & Koala, Lagu dan Animasi Anak Indonesia

Hoala Koala

Beberapa waktu lalu ketika saya mendatangi sebuah acara, ada ibu-ibu yang turut membawa anak mereka. Saya duduk tak jauh dari mereka, dan terkejut ketika anak-anak yang berusia 3-4 tahun itu joget riang ketika diputarkan lagu di ponsel ibunya. Ya, saya terkejut karena mendengarkan lagu tersebut. Lagu yang diputar adalah lagu dewasa dengan lirik dewasa yang musiknya terdengar cukup asyik. Ini adalah masalah menurut saya.

Baca juga: Ayo Saling Jaga! Ketahui Cara Melindungi Diri dan Keluarga dari Cacingan

 

Harusnya para orangtua bisa lebih bijak memilihkan musik atau lagu untuk anak. Mereka memang terlihat riang hingga berjoget, namun ada dampak buruk yang dilupakan para orangtua, dikutip dari Tirto.id menurut psikolog anak Ratih Ibrahim, lagu atau musik orang dewasa bisa merusak persepsi anak, merusak cara berpikirnya, hingga kejiwaan anak-anak.

Di zaman yang semakin berkembang ini hendaknya para ayah dan ibu lebih perhatian akan hal ini. Apalagi kalau anak-anak sudah diberikan ponsel khusus, sudah sepatutnya mendengarkan lagu anak dengan lirik, musik, dan animasi yang sesuai untuk mereka. Kabar baiknya untuk para orangtua, saat ini sudah ada channel YouTube Hoala dan Koala, animasi 3D yang cocok untuk anak-anak dan seluruh karakternya pun dapat bernyanyi dengan suara yang merdu.

Channel Youtube Hoala & Koala


Hoala dan Koala merupakan karakter musikal yang telah dan akan berkontribusi dalam menyumbang lagu anak-anak Indonesia baru agar mereka dapat belajar sekaligus menikmati lagu yang dikemas dengan kualitas tinggi. Karakternya si Hoala dan Koala adalah sahabat yang gemar menyanyi, mereka berdua dan karakter lainnya divisualisasikan dengan baik sesuai dengan era digital saat ini.

Di channel youtube Hoala & Koala, ada puluhan lagu dan animasi anak Indonesia. Para orangtua bisa menghibur anak-anaknya dengan lagu-lagu di channel ini, selain itu bisa juga mengajak anak-anak bernyanyi bersama sebab karakter lainnya seperti ibu dan ayah di lagunya juga dapat bernyanyi.

Tak hanya dapat menghibur anak-anak, namun juga akan membangun kedekatan antara orangtua dan anak. Saat ini Hoala dan Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes.

Hoala Koala bersama ibu dan ayah


Penggarapan musiknya sendiri tidak main-main, benar-benar disiapkan dengan serius dan matang. Banyak musisi internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala dan Koala, serta banyak sekali alat musik yang tak lazim digunakan untuk lagu anak yang dipakai dalam penggarapan album-album Hoala dan Koala, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung.

Selama ini lagu dan animasi anak digarap begitu sederhana, dengan adanya channel youtube Hoala & Koala membuktikan bahwa tak selamanya musik anak-anak adalah musik yang sederhana dengan balutan musik yang juga sederhana. Selain itu, kualitas vokal yang ditampilkan juga merupakan kualitas vokal yang bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak.

 

Baca juga: Serpih Tawa dan Duka di Timur Laut Benua Afrika


Menarik banget, apalagi tak hanya satu genre children pop yang diangkat oleh Hoala & Koala, namun terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.

Selama ini perkembangan dunia musik anak memang lesu. Kehadiran Hoala & Koala diharapkan dapat membangkitkan kembali dunia musik anak-anak dan menaikkan level serta pandangan umum atas lagu anak.

Keluarga besar Hoala Koala

Saya sendiri sudah beberapa kali mengunjungi channel youtube Hoala & Koala, ada lagu anak di rumah saja Hoala Koala asyik banget lirik dan musiknya, animasinya pun bagus dan sesuai untuk anak. Dengan adanya channel seperti ini bisa menjadi solusi untuk para orangtua supaya tidak lagi memutar lagu dewasa untuk anak.

 

Baca juga: Foto yang Tidak Boleh Diunggah di Media Sosial


Lirik lagu Hoala & Koala juga dapat mengedukasi anak-anak loh! Seperti lagu untuk anak-anak di rumah saja misalnya, liriknya meminta anak tetap bermain di rumah saja. Ini bisa menjadi andalan orangtua mengingat sekarang masih pandemi, jadi melarang anak bermain atau jalan-jalan di luar tidak perlu marah-marah lagi ya, bun... sekarang bisa sambil bernyanyi. Tanpa emosi justru menghibur diri.

1 comment

  1. seneng dengan hadirnya hoala dan koala, anak anak sekarang jadi punya hiburan yang edukatif juga

    ReplyDelete

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia