Ini Tips Penting untuk Pengguna Layanan Digital Banking


Zaman yang semakin maju dengan teknologi canggihnya memudahkan aktivitas sehari-hari, terlebih di masa pandemi ini ketika gerak di luar rumah sangat terbatas kecanggihan teknologi sangatlah membantu. Penggunaan internet yang berkembang pesat juga memudahkan dalam bertransaksi, contohnya saat ini sudah ada layanan digital banking yang semakin diminati dari hari ke hari.

Digital banking adalah aktivitas perbankan yang terpusat lewat internet. Semuanya dilakukan secara online dari buka rekening, menabung, mentransfer uang, hingga tutup rekening. Semua aktivitas terjadi melalui internet.

Kelebihan digital banking ada banyak sekali, seperti; membuat fungsi internal lebih efisien, lebih hemat waktu, biaya, dan tenaga, akses informasi lebih cepat, transparan, dan bisa dilakukan kapan saja, meningkatkan pemahaman terhadap kebutuhan nasabah, fleksibilitasnya jelas lebih tinggi, keamanannya ekstra dalam melindungi data, tak perlu antrean lama, bayar apapun serba mudah, cocok untuk pebisnis, dan lain sebagainya.

Nah karena ini adalah layanan perbankan digital, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri sudah menerbitkan panduan penyelenggaraan digital branch oleh Bank Umum yang ditujukan kepada seluruh Direktur Utama Bank Umum dan dijadikan sebagai panduan untuk membentuk digital branch. Terkhusus bagi perbankan yang memang sudah menerapkan digital banking.

Diketahui bahwa panduan tersebut menjadi acuan bagi perbankan, nasabah, auditor, pengawas, dan semua pihak dalam memanfaatkan teknologi digital untuk layanan digital branch oleh bank umum. Panduan tersebut juga sebagai respon terhadap pesatnya pertumbuhan digital banking di tengah masyarakat.

 
Agar keamanan dalam menggunakan layanan ini tetap terjaga dan kamu dapat terus menikmati kelebihan digital banking, ada beberapa tips penting nih! Dilansir dari sikapiuangmu.ojk.go.id, berikut beberapa tips agar tak menjadi korban kejahatan layanan digital banking.

1. Jangan pernah memberitahukan kode akses atau nomor pribadi Personal Identification Number (PIN) kepada orang lain.

2. Tidak mencatat dan menyimpan kode akses atau nomor pribadi SMS banking di tempat yang mudah diketahui orang lain.

3. Periksalah transaksi secara teliti sebelum melakukan konfirmasi atas transaksi tersebut untuk dijalankan.

4. Setiap kali melakukan transaksi, tunggulah beberapa saat hingga menerima respon balik atas transaksi tersebut.

5. Untuk setiap transaksi, nasabah akan menerima pesan notifikasi atas transaksi berupa SMS atau email yang akan tersimpan di dalam inbox. Periksa secara teliti isi notifikasi tersebut dan segera kontak ke bank apabila ada transaksi yang mencurigakan.

6. Jika merasa diketahui oleh orang lain, segera lakukan penggantian PIN.

7. Bilamana SIM Card GSM hilang, dicuri, atau dipindahtangankan kepada pihak lain, segera beritahukan ke cabang bank terdekat atau segera melaporkan ke call center bank terkait.

8. Hati-hati dengan aplikasi di internet yang merupakan spam atau malware yang mungkin dapat mencuri data-data pribadi dan menyalahgunakannya di kemudian hari.

9. Tidak melakukan transaksi internet di tempat umum seperti warnet, WIFI gratis, karena data-data kita berpotensi dicuri oleh pihak lain dalam jaringan yang sama.

10. Jangan lupa melakukan proses log out setelah selesai melakukan transaksi di internet banking.

11. Jika berganti ponsel, pastikan bahwa semua data-data sudah terhapus untuk menghindari penyalahgunaan oleh pihak lain yang menggunakan ponsel tersebut.



Itulah 11 tips penting agar terhindar dari hal-hal buruk yang tak diinginkan. Aktivitas kita dalam bertransaksi memang semakin mudah, tapi kita juga perlu ekstra hati-hati agar tak menjadi korban kejahatan digital banking. Tetap waspada namun tak perlu sampai cemas yaa! Kelebihan digital banking dapat kita nikmati dan sangat membantu apalagi di masa pandemi ini. Pengguna digital banking pun terus bertambah.

Dikutip dari kontan.co.id, Junanto Herdiawan, Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia dalam siaran pers, Jumat (11//6/2021) lalu mengatakan bahwa semenjak pandemi nilai transaksi uang elektronik meningkat hingga 30,17%, transaksi perbankan digital banking meningkat volumenya bahkan sampai 60%.
 
 
"Jadi ini menunjukkan bahwa di tengah-tengah semuanya menurun, terdapat tendensi kenaikan pembayaran digital." ujar Junanto Herdiawan.

Dari pernyataan tersebut kita semakin tahu kelebihan digital banking juga menjadi solusi bagi masyarakat yang khawatir akan bahaya covid-19 dan memang mengurangi aktivitas di luar rumah.

Meski semakin banyak kelebihan digital banking yang dapat kita nikmati, jangan pernah mengabaikan beberapa tips di atas yaa.

12 comments

  1. Wah bener banget nih kita harus hati hati menggunakan internet banking, dan data pribadi

    ReplyDelete
  2. Layanan digital banking memudahkan, namun tetap ada pakem-pakem yang harus kita ikuti agar aman bertransaski digital yaa :)

    ReplyDelete
  3. Tips yang sangat bermanfaat dijaman serba digital ini, kehati-hatian mesti ditingkatkan lg setiap transaksi digital.
    tanks ya....

    ReplyDelete
  4. harus hati-hati benar kalo penggunaan di smartphone biar nggak dirugikan terimakasih tipsnya. barakallah

    ReplyDelete
  5. Iya betul sekali tips2 ini. Memang semakin mudah, tp kita hrs bnr2 teliti dlm penggunaannya. Thanks Mbk info2nya.

    ReplyDelete
  6. Wah penting banget nih tips nomor 3, aku pernah hampir salah kirim nominal uang karena kelebihan satu nol doang, huhuhuuu

    ReplyDelete
  7. Na, perlu juga nih waspada terhadap aplikasi. Jangan main unduh saja yh apalagi tergiur dapat hadiah, hahaha

    ReplyDelete
  8. Makasih tipsnya Kak.. btw, kalau pakai wifi di rumah sendiri masih aman kan ya?

    ReplyDelete
  9. Iya nih makin sering pakai produk digital banking buat ngurangin megang uang cash. Tipsnya penting banget.

    ReplyDelete
  10. Makasih ya mbak udah diingatkan. Terutama bagian yang kalau mau jual hp, pastikan semua data terhapus dulu biar nggak disalahgunakan.

    ReplyDelete
  11. Emang kerasa hidup lebih mudah karena udah ada mbanking, proses tranfer dan pembayaran jadi lebih cepat dan mudah. Tapi tetep kudu hati-hati juga ya mbak soal keamanan penggunaan.

    ReplyDelete
  12. Harus benar-benar teliti ya mbk sebagai pengguna Digital m bangkin ini hehe. Btw makasih tips-tips nya sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia