Student Company 2021, Generasi Muda yang Memiliki Jiwa Wirausaha di Era Digital


Berbicara tentang dunia kewirausahaan, aku ingat tentang praktik pada salah satu mata kuliah. Saat itu kami ditantang untuk berbisnis dan menjual produk yang sudah kami buat. Kala itu masih menjadi tugas kelompok dan harus memberikan laporan pada dosen. Namun, kekurangannya adalah kami tidak dibimbing dan hanya diajarkan materi kemudian diberi tugas, tetapi menurutku untuk praktik di salah satu mata kuliah wajar saja, sebab bukan hal yang menjadi prioritas.


Sejak saat itu aku punya sedikit gambaran bahwa dunia kewirausahaan dipenuhi tantangan dan sekaligus seru. Aku dan teman-teman bahkan melanjutkan usaha dengan menjual bros jilbab dan gantungan kunci yang kami buat dengan bahan dasar kain perca. Namun, usaha itu berhenti di tengah jalan karena memang tidak ada sosok mentor dan tidak ada wadah bagi kami untuk tetap belajar dan mengembangkan skill.

Kemarin, Sabtu (6/11/2021) tepatnya pukul 10.30-11.30 WIB aku mengikuti zoom meeting Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2021 yang diadakan oleh Prestasi Junior Indonesia (PJI). Nah, yang bikin aku terkejut, kagum, sekaligus senang adalah saat aku tahu bahwa ada program namanya Student Company yang sudah berjalan sejak lebih dari satu dekade, dan fokus mengajak siswa-siswi SMA/SMK di Indonesia untuk terjun berbisnis. Ini keren banget!

Tentang Prestasi Junior Indonesia

PJI, sumber foto: FB prestasijuniorID

Di Indonesia saat ini banyak pemuda-pemudi yang menghadapi beragam tantangan terkait masa depan, salah satunya adalah pengangguran. Usia muda yang harusnya produktif tapi karena disebabkan berbagai hal akhirnya menganggur. Ada banyak faktor, di antaranya adalah kualitas dan relevansi pendidikan formal dan informal yang memang memainkan peran penting dalam menentukan kemampuan pemuda untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.


Kemudian, minimnya keterampilan literasi keuangan yang dimiliki juga menjadi penyebab banyaknya generasi muda menganggur. Ketidakmampuan dalam membuat keputusan yang bijak saat membelanjakan uang pun menjadi sebab pemuda-pemudi Indonesia menganggur.

Nah, Prestasi Junior Indonesia (PJI) yang melihat permasalahan ini turut berkontribusi dalam upaya mereduksi angka pengangguran muda di Indonesia. PJI berusaha dan bergerak membantu generasi muda menumbuhkan rasa percaya diri dan membantu mereka agar memiliki tujuan yang dibutuhkan untuk memperbaiki keadaan. Ada banyak hal yang dilakukan oleh PJI seperti  penyampaian pembelajaran pengalaman mutakhir yang berfokus pada literasi keuangan, kesiapan kerja, dan kewirausahaan.

Prestasi Junior Indonesia menciptakan jalur untuk kelayakan kerja dan penciptaan lapangan kerja. PJI melakukan ini dengan memanfaatkan model peran sukarelawan dan program yang telah terbukti dapat menginspirasi dan mempersiapkan generasi muda untuk sukses melalui pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana uang, karir, dan kepemilikan bisnis bekerja.

PJI dengan kontribusinya untuk Indonesia itu juga menggandeng beberapa mitra yakni Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) di bawah dukungan Citi Foundation, PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia), dan PT Marsh Indonesia (Marsh Indonesia) konsisten mempromosikan konsep kewirausahaan dan menggali potensi bisnis generasi muda melalui program Student Company (SC).

Program Student Company



Kemarin waktu ikut zoom meeting, aku sampai berpikir 'wah, andai aku tahu Student Company sejak SMA dulu' tapi apa mau dikata kalau sekarang ketika sudah tamat kuliah aku baru tahu. PJI lewat programnya Student Company asli keren dan emang luar biasa banget.

PJI sudah lebih satu dekade melibatkan 13.358 pelajar SMA/SMK di Indonesia dan memfasilitasi pengembangan keterampilan berwirausaha mereka melalui pengalaman langsung mencetuskan dan mengoperasikan usaha mikro di sekolah. Hal ini termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan produksi dan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan.

Nah, pada tahun 2021 ini ada 549 pelajar dari 9 kota/kabupaten di Indonesia ditantang untuk membuat ide bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah di komunitas serta mengoptimalkan teknologi digital dalam strategi dan operasionalnya.

Sejak Mei 2021 ada 30 bisnis baru yang diinisiasi lewat program Student Company 2021 dan berhasil memperoleh total omzet mencapai Rp239 juta. Benar-benar mengagumkan. Selain itu, para pelajar tidak dilepas begitu saja, mereka didampingi oleh guru serta relawan dari mitra PJI, dari merekalah para pelajar tersebut dapat mendengar pengalaman dan inspirasi sehingga mereka dapat terus melanjutkan langkahnya di dunia kewirausahaan.

Jadi, para pelajar yang terlibat ini mendapat kesempatan untuk mengeksplorasi secara langsung bagaimana dunia usaha yang sebenarnya. Mereka juga akan mendapat gambaran yang lebih baik tentang keterampilan yang dibutuhkan di masa depan untuk menuju kesuksesan. Para siswa-siswi juga bisa memulai untuk mempertimbangkan kewirausahaan sebagai pilihan karir mereka.

Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2021


 7 tim, sumber foto: IG prestasijunior

Program Student Company ada puncak pelaksanaannya loh! Dari 30 bisnis baru yang terbentuk di tahun ini, diambil 7 finalis untuk berpartisipasi dan berkompetisi dalam Indonesia Student Company of the Year Competition 2021. Tujuh tim tersebut akan melakukan presentasi performa bisnis untuk memperebutkan kehormatan mewakili Indonesia dalam kompetisi bisnis tingkat Asia Pasifik.

Yuk, kenalan dengan peserta-peserta Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2021:

1. Qreate SC dari SMAN 34 Jakarta dan disponsori oleh Marsh Indonesia
Qreate SC produknya adalah Kreaktiv Crate yaitu alat pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) yang interaktif dan menyenangkan untuk anak-anak dan remaja.

2. Wignesa SC dari SMAN 3 Semarang dan disponsori oleh Citi Foundation
Produk dari Wignesa SC adalah Tatilo yang merupakan tas kombinasi daur ulang kain jeans bekas dan batik yang tersedia dalam tiga varian; sling bag, backpack, dan pouch bag.

3. Covarsi SC dari SMAN 81 Jakarta dan disponsori oleh Citi Foundation
Covarsi SC memiliki produk Pineary yakni merupakan paket menyulam dengan kain serat yang terbuat dari limbah daun nanas dan dilengkapi dengan portal khusus berisi video tutorial, daftar putar lagu, dan layanan cepat konsumen.

4. Neon SC dari SMAN 2 Denpasar dan disponsori oleh Citi Foundation
Neon SC memiliki produk Your Hat yang merupakan paket bucket hat dua sisi dan masker kain yang terbuat dari paduan kain drill dan kain endek.

5.Semaja SC dari SMAS HelloMotion, Tangerang Selatan dan disponsori oleh AIG Insurance Indonesia
Produk dari Semaja SC adalah Bintang Eco-Friendly Notebook. Produk ini berupa binder dengan kertas isi daur ulang yang dilengkapi recycling kit kertas. Bintang Eco-Friendly Notebook diperkenalkan dengan IP character Bintang dan Tora.

6. Mico SC dari SMAN 1 Cisarua, Bandung Barat dan disponsori oleh Citi Foundation
Produk dari Mico SC adalah Mico T-Shirt yang merupakan kaus berbahan katun dengan desain khusus dari kreasi gambar anak-anak yang dijual dengan misi menyediakan media bagi orang tua untuk mengasah kreativitas anak tanpa gadget.

7. Alanza SC dari SMAN 16 Surabaya dan disponsori oleh Citi Foundation
Alanza SC memiliki produk La Cocina yaitu paket alat memasak berupa talenan dan spatula yang terbuat dari kayu mahoni dan dilengkapi dengan aplikasi smartphone untuk memberikan informasi terbaru mengenai produk, makanan, dan resep masakan.

Generasi Muda yang Memiliki Jiwa Wirausaha di Era Digital


eva destrianti

Pada zoom meeting yang aku ikuti, ada beberapa narasumber yaitu;
- Asep Sukmayadi, M.Si., plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI
- Siddharta Moersjid, Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia
- Puni A. Anjungsari, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia
- Gusni Puspitasari, Brand and Marketing Communications Manager PT AIG Insurance Indonesia
- Douglas Ure, Presiden Direktur dan CEO PT Marsh Indonesia
- Amanda Carissa Nurshanty, Corporate Secretary Alanza SC - SMAN 16 Surabaya
- Aisyah Amalia Putri, Vice President of Production Semaja SC - SMAS HelloMotion
- Shafira Nurrohmah, President Director Qreate SC - SMAN 34 Jakarta

Aku ingat Bapak Siddharta mengatakan bahwa para pelajar saat ini yang merupakan gen-Z memiliki keunggulan karakter true digital natives, karena itulah beliau meyakini bahwa kedekatan generasi Z dengan teknologi akan memberikan sudut pandang yang unik, efisien, dan jitu dalam memecahkan berbagai persoalan yang ada di lingkungan mereka.

Senada dengan beliau, aku pun berpendapat hal yang sama. Betapa bisnis digabungkan dengan teknologi akan sangat membantu. Tak hanya membantu para generasi muda itu sendiri dalam menciptakan lapangan pekerjaan untuk diri sendiri, tetapi nantinya juga dapat membantu orang lain.

Jiwa wirausaha yang dimiliki mereka di masa depan akan membentuk cara berpikir dan tindakan mereka untuk menciptakan lapangan pekerjaan lewat bisnis atau usaha yang perkembangannya terus mengikuti kemajuan zaman dan berhubungan erat dengan teknologi.

 

Baca juga: Sukseskan KKN RDR 77 UIN Walisongo
 

Aku ketika mengikuti zoom meeting juga berpikir bahwa PJI lewat program Student Company benar-benar serius mencetak generasi muda yang melek bisnis di era digital. Tahun ini saja peserta yang terlibat berhasil memperoleh omzet ratusan juta, bayangkan jika bisnisnya terus berjalan dan semakin luas. Di masa depan tentu akan tercipta banyak lapangan pekerjaan, sehingga bisa meminimalisir angka pengangguran di negeri ini.

Selain itu, mereka juga dapat membagikan atau mengajarkan keterampilan pada orang lain. Hal ini akan meningkatkan kualitas SDM, mereka punya bekal untuk membangun usaha, mereka memiliki rasa percaya diri, dan berani untuk memulai.

Besar banget harapanku pada program dari PJI ini. Semoga saja para mitra juga terus mendukung, sebab program Student Company manfaatnya tidak hanya untuk saat ini, melainkan lebih seperti investasi untuk masa depan negeri dengan generasi muda yang lebih baik dan angka pengangguran pun perlahan bisa turun.

Ke depannya semoga program dari PJI berjalan lancar, dan untuk tahun ini semoga adik-adik finalis ISCC 2021 bisa membawa nama baik Indonesia di kancah internasional, bahkan di masa depan semoga bisnisnya bisa menjadi perusahaan besar. Aamiin.

Sukses terus, Prestasi Junior Indonesia!
 

#PJI #StudentCompany #ISCC2021

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia